Tips Membangun Merek dengan Fitur Instagram Live

 

Tips Live Streaming Instagram untuk membangun Merek 

        Masa pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada keterbatasan bersosialisasi, telah diberlakukannya PSBB membuat semua orang terpaksa harus melakukan kegiatannya di dalam rumah, Mulai dari sekolah secara daring sampai Work From Home (WFH). Hal ini menyebabkan banyaknya pengguna media sosisal selalu aktif di sosial media mereka seperti di Instagram. Instagram menjadi salah satu platfrom yang banyak di gandrungi para milenial saat ini, karena di platfrom ini banyak sekali akun-akun penyedia konten penambah pengetahuan atau sekedar konten hiburan. Hal ini membuat sosmed ini sangat meningkat pesat penggunaanya, baik pada pagi, siang, sore maupun malam.

          Hal ini juga bisa di manfaatkan oleh para pebisnis untuk membangun merk mereka. Salah satu fitur yang dapat menarik audien di platfrom Instagram adalah Instagram Live. Karena saat kita meluncurkan live streaming para pengikut akun kita akan mendapatkan pemberitahuan, dan profil kita akan disorot di gulungan cerita untuk menunjukkan  bahwa profil Instagram kita saat ini sedang live streaming. Di dalam fitur Instagram live juga mempunyai segudang fitur-fitur lainnya yang dapat membantu kita dapat berinteraksi dengan audiens.

          Berikut adalah tips cepat yang dapat ditindak lanjuti tentang cara Membangun Merk dengan Instagram Live

 1. Biarkan Audiens Anda Mengajukan Pertanyaan

            Pertanyaan tentang produk atau layanan adalah jembatan dari sebuah keputusan pembelian, dengan memberi kesempatan kepada audiens untuk bertanya tentang ha-hal yang biasanya tidak dibahas di feed Instagram kita adalah salah satu kesan tentang kejujuran dan transparansi mentah yang berdampak lebih besar pada ekuitas merek dalam jangka panjang.

      2. Wawancara Tamu Populer, Influencer, atau Pakar

            Perbedaan penting antara melakuakan streaming langsung dengan dan tanpa pakar ini adalah pesan kita dikirimkan oleh pihak ketiga. Para ahli dapat memberikan informasi yang kredibel bahwa konsumen seringkali tidak memiliki waktu atau uang untuk mengaksesnya. Sedangkan Influencer atau bintang tamu sering kali mewakili audience itu sendiri dengan mengajukan pertanyaan umun atau menyuarakan keprihatinan umum yang di miliki konsumen.

 3. Tunjukkan Cuplikan Behind-The-Scenes (BTS)

        Seringkali cuplikan berupa video atau foto di balik layar proses produksi tidak di tayangkan, padahal dalam menunjukkan proses produksi, program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, keragaman kantor, atau bahkan acara pendingin air biasa sangat berpengaruh dalam menarik audien, Pengguna media sosial saat ini terbiasa dengan akses informasi yang terdemokratisasi, oleh karena itu, mereka akan menghargai transparansi yang dapat diberikan oleh merek. Ketika audiens Anda tahu bahwa Anda mendukung nilai-nilai yang sama seperti mereka, mereka cenderung mempromosikan Anda kepada orang yang berpikiran sama.

4. Fokus pada Mendidik sambil Mempromosikan Merek Anda

        Banyak dari anak muda yang membuka sosial media mereka hanya untuk mencari konten edukasi. Mereka berfikir bahwa konten edukasi  ini bisa membuka mindset lebih luas. Pada umumnya kinerja baik secara konsisten di media sosial akan memberikan nilai yang lebih. Jadi, dengan bergantung pada merek, kita harus pintar mencari peluang untuk membuat sesi tutorial atau memberikan wawasan tentang masalah umum yang dapat diselesaikan oleh produk atau layanan kita.

        Tutorial tidak hanya memberikan informasi tentang bagaimana produk kita dapat digunakan, tetapi juga dapat menjadi kesempatan untuk menunjukkan berbagai cara produk atau layanan kita membantu konsumen. Selain itu, kita dapat berdiskusi di Instagram Live tentang masalah yang dihadapi orang-orang saat ini dan apa yang dapat ditawarkan merek kita untuk meringankan masalah tersebut. Kita tidak hanya menawarkan solusi tetapi kita akan menunjukkan kepada hadirin bahwa masalah mereka didengar dan dilihat.

 

Comments